Tahun Ajaran Baru Menjelang, Ini Dia Perkiraan Biaya Hidup Kuliah Disana

Sumber: universitaspendidikan.com

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Para siswa dari berbagai jenjang mulai mempersiapkan diri untuk sebaik mungkin bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah, maupun institusi pendidikan dimana mereka diterima. Baik siswa Sekolah Dasar, hingga yang bergelar Mahasiswa sekalipun tentu tak ada yang bisa dilepaskan dari biaya selama menempuh satu tahun ajaran.

Apalagi bagi para mahasiswa. Yang namanya biaya kuliah, mulai biaya hidup sehari-hari, biaya kuliah atau yang dulu dikenal dengan nama SPP, juga tempat tinggal, entah kos ataupun mengontrak sebuah rumah sudah pasti harus dipikirkan masak-masak.

Untuk siapa saja yang saat ini sudah pasti diterima di salah satu kampus di Kota Makassar, beberapa kisah berikut ini bisa dijadikan gambaran berapa biaya yang harus dikeluarkan sehari-hari.

Kisah pertama datang dari seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi, UIN Alauddin Makassar. Namanya Alfian (24) sehari-hari, mahasiswa yang berasal dari Pare-Pare, sebuah kota dengan jarak tempuh lebih kurang 3 jam dari kota Makassar ini tentu harus pandai-pandai mengatur pengeluaran agar tetap bisa fokus pada kegiatan akademik.

Setidaknya untuk biaya kontrakan yang pertahunnya Rp 9 Jt, Alfian patunggan dengan setidaknya 7 kawan lain untuk menyewa sebuah rumah  3 Kamar. Cara ini dirasa lebih meringankan beban ketimbang harus kontrak sendiri atau bayar kos perbulan.

Untuk urusan makan Alfian menuturkan,”sebenarnya makanan di Makassar ini beragam, murah atau tidaknya tergantung orangnya sendiri mau makan apa”.

“Kalau coto bisa satu mangkuk 20-40 ribuan, pasti tidak pas kalau untuk makan harian. Mungkin kalau makannya nasi kuning seperti banyak dijual pedagang sekitar kampus bisa lebih murah”, demikian tukasnya lebih lanjut.

Untuk urusan transportas, sehari-hari Alfian naik motor dari kontrakan ke Kampus,”kalau bensin ya sama saja karena memang untuk transportasi. Tapi kalau seperti saya ini, yang perokok setidaknya sehari masih harus ada jatah uang rokok 17 ribuan” seperti dilansir dari news.detik.com.

“Jadi perhari setidaknya, kita biaya hidup kuliah di Makassar ini, bisa sampai 50 ribuan lah, paling rendah 30 ribu”, demikian ujarnya.

Jadi dengan asumsi cerita diatas. Maka sebagai calon mahasiswa di Kota Makassar setidaknya untuk biaya hidup saja uang sebesar 1.500.000 harus disiapkan setiap bulannya. Uang sebesar ini bisa berasal dari berbagai sumber, utama tentu dari kiriman orang tua dikampung. Karenanya, hal terbaik tentu dengan fokus pada studi sebaik mungkin agar masa tempuh studi tak terus berlarut dan menyebabkan beban pengeluaran orang tua meningkat.

Berikan Komentar