Sejarah Universitas Hasanuddin Makassar, Kampus Dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia Bagian Timur

Sumber: sijai.com

Kuliah di tempat bonafide dan fakultas yang mentereng tentu jadi dambaan banyak orang untuk menempuh jenjang pendidikannya. Di Indonesia sendiri, kota-kota yang sering menjadi rujukan untuk para mahasiswa menempuh studi banyak terdapat di Pulau Jawa. Padahal sebenarnya, bila mau mencari informasi mendalam, ada banyak tempat studi dengan kualitas tinggi dan berlokasi di luar Pulau Jawa.

Ada banyak tempat, baik di Indonesia bagian timur seperti pulau Sumatera juga di bagian timur Indonesia seperti misalnya di Pulau Sulawesi. Salah satu yang tersohor adalah nama Universitas Hasanuddin Makassar yang didirikan pada 10 September 1956.

Dari sejarahnya, perguruan tinggi ini tadinya merupakan pecahan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia diwaktu Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden RI. Berturut-turut sejarah Universitas Hassanudin terus bergulir, hingga muncul Peraturan Pemerintah sebagai dasar pembentukannya yaitu tepat pada 10 September 1956 dengan disahkan melalui PP no 23 tahun 1956 sebagai dasar resmi pendiriannya.

Universitas Hasnuddin Makassar memilih warna merah sebagai simbol yang sekaligus juga dipergunakan sebagai warna almamater mahasiswanya hingga saat ini. Tercatat, sampai dengan hari ini sudah lebih kuran 21.554 mahasiswa pernah mengenyam pendidikan di kampus ini. Dengan masing-masing total sebanyak 1.780 orang jenjang S1 atau sarjana, 1.780 S2 atau program magister, dan 107 orang doktor serta masih menyisakan tak kurang 1.378 mahasiswa untuk jenjang studi lainnya.

Dari sekian banyak fakultas di Unhas, salah satu fakultas yang banyak jadi incaran mahasiswa untuk studi disana adalah Fakultas Kedokteran. Sejarah panjangnya tentu jadi alasan banyak calon dokter di Indonesia berlomba-lomba untuk menempuh studi disana. Tak kurang sudah 50 tahun fakultas kedokteran Unhas berdiri. Serta sudah mencetak banyak tenaga kesehatan di berbagai bidang baik kedokteran, dokter spesialis, dokter hewan serta para doktor dalam bidang ilmu kedokteran ini.

Jadi untuk siapa saja yang saat ini sudah menempuh jenjang studi Sekolah Menengah Atas dan berdomisili di Indonesia bagian timur. Tak perlu jauh-jauh untuk datang ke pulau jawa demi menempuh studi di fakultas kedokteran. Universitas Hasanuddin Makassar juga bisa jadi tujuan studi tentu harus siap bersaing dengan calon mahasiswa lainnya.

Berikan Komentar