Sejarah Berdirinya UIN Alauddin Makassar, Kampus Islam Negeri Di Kota Daeng

Sumber: washilah.com

Memperdalam Islam hingga kejenjang perguruan tinggi menjadi salah satu pilihan bagi siapa saja yang ingin pendidikan yang beriman antara ilmu dan iman. Salah satu cara yang biasa ditempuh adalah memilih untuk berkuliah di kampus bercorak Islam.

Di Indonesia sendiri, tersebar begitu banyak kampus bercorak Islam di seluruh penjuru Negeri. Selain di Pulau Jawa, ada juga kampus bercorak Islam lain di pulau-pulau di luar Jawa, seperti misalnya di Pulau Sulawesi.

Sebut saja salah satunya Universitas Islam Alauddin Makassar. Kampus yang sebelumnya dikenal dengan IAIN Alaudin Makassar ini, sudah berdiri sejak 1962 dengan jumlah mahasiswa 17.957 orang.

Mengusung motto “pencerdasan, pencerahan dan prestasi” kampus ini memilih warna hijau sebagai warna dasar logo dan simbol serta almamater mahasiswanya.

Dulunya, kampus ini berstatus sebagai cabang fakultas, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yang dalam perkembangan selanjutnya, berdasar dari kemauan Rakyat serta Pemda Sulawesi Selatan, selanjutnya terbit keputusan Menteri Agama Republik Indonesia bernomor 75 pada tanggal 17 Oktober 1962, yang kemudian bergulir dengan berbagai macam lintasa sejarah pendirian, hingga menjadi UIN Alauddin Makassar seperti dikenal hari ini.

Saat ini, UIN Alauddin Makassar punya dua kampus, yang pertam beralamat di Jl. Sultan Alauddin No. 63 Kota Makassar dengan status Kampus 1, juga di Jl. Sultan Alauddin No 36 Samata, Kabupaten Gowa, yang berstatus sebagai Kampus 2. Nama kampus ini diambil dari nama raja di Kesultanan Gowa yang pertama kali memeluk agama Islam, sekaligus menerima Agama Islam sebagai agama resmi Kerajaan.

Dengan 8 fakultas antara lain, Fakultas Ushuluddin dan Filsafata, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Sains dan Teknologi, Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, ditambah satu program pascasarjan dengan jenjang Magister atau S2 serta program Doktoral atau S3, UIN Alauddin Makassar menjadi salah satu tempat bagi generasi muda Makassar umumnya dan Sulsel khususnya untuk menimba ilmu.

Berikan Komentar