Wisata Sejarah di Makasar, Bukti Kota Daeng ini Punya Akar Sejarah yang Kuat

Sumber: http://discoveryourindonesia.com

Makasar yang merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia Timur memiliki banyak ragam ikon yang menarik untuk dikunjungi. Dengan akar sejarahnya yang kuat, banyaknya pilihan menu makanan kuliner yang lezat, dan juga pemandangan yang menakjubkan, ada banyak alasan untuk menjadikan Makassar sebagai calon tempat liburan Anda berikutnya. Berikut adalah beberapa hal terbaik untuk dilakukan disekitar Makassar. Untuk ulasan kali ini semua terkait wisata sejarah yang membuktikan bahwa Kota Daeng ini punya akar sejarah yang kuat bagi sejarah berdirinya NKRI.

Temukan sejara peninggalan Belanda di Fort Rotterdam

Makassar atau Ujung Pandang memiliki banyak cerita sejarah diawal abad ke-15. Selama perang dengan Belanda, Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape, atau lebih dikenal sebagai Sultan Hasanuddin, menandatangani benteng sebagai bagian dari perjanjian damai. Ketika Belanda menduduki benteng ini, mereka mengubah nama dari Ujung Pandang ke Fort Rotterdam.

Benteng ini masih terawat dengan baik dan kawasan ini merupakan tempat yang bagus untuk menjelajah sejarah masa lalu. Tak jauh dari pintu masuk, di sisi kiri, ada area yang bisa Anda naiki, dan Anda juga bisa menikmati pemandangan Pantai Losari. Di dalam benteng Anda akan menemukan Museum La Galigo.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu memiliki periode sejarah yang sama dengan Fort Rotterdam. Setelah penandatanganan Perjanjian Bungaya pada 1667 antara Kesultanan Gowa dan Belanda, maka Somba Opu Fort menjadi tempat kerajaan bagi raja saat itu.

Dalam perjalanan ke Benteng Somba Opu Anda harus melewati Gowa Discovery Park (semacam taman air). Jalan menuju benteng juga tak kalah menariknya. Ketika Anda tiba Anda akan melihat sisa-sisa reruntuhan benteng, meriam, museum dua lantai dan juga beberapa rumah tradisional. Sangat menarik untuk dikunjungi dan salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Makassar jika Anda berencana untuk berada di kota Daeng tersebut selama beberapa hari.

Kunjungi Makam Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Yogyakarta dan diasingkan ke Makassar. Sebelum diasingkan ia memainkan peran penting dalam pemberontakan melawan penjajahan Belanda yang dikenal sebagai Perang Jawa (1825-1830). Belanda memenjarakannya di Fort Rotterdam pada tahun 1834. Pangeran Diponegoro meninggal di pengasingan di Makassar pada tahun 1855.

Nah, jika Anda berkunjung ke Makasar, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung di wisata sejarah diatas untuk mengetahui masa lalu dari Kota Makasar yang erat kaitannya dengan berdirinya NKRI.

Berikan Komentar