Wisata Karst Terbesar Kedua di Dunia yang Sayang Jika Tidak Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

wisata karst

Karst adalah gugusan pegunungan batu gamping yang memiliki luas membentang dan berbentuk menjulang, dikelilingi beberapa bukit dan sungai di sekitarnya. Karst tidak hanya terletak di luar negeri saja, di dalam negeri pun keajaiban alam dari Sang Pencipta ini juga bisa ditemukan. Salah satunya adalah karst yang ada di Kabupaten Maros.

Karst Maros

Wisata Karst terletak di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Karst Maros-Pangkep ini merupakan bentangan karst terbesar kedua di dunia, setelah karst di Cina Selatan.

Karst di desa Salenrang tidak begitu jauh dari Kota Makassar. Luas kawasan karst di sini sekitar 4500 hektar, bentuknya menjulang tinggi seperti menara sehingga sering disebut tower karst.

Selain nama karst Maros, wisata alam ini sering disebut juga dengan nama wisata alam batu Rammang-Rammang. Karena salah satu dusun yang berada di antara gugusan karst tersebut bernama Rammang-Rammang.

Apabila kita mengunjungi wisata karst Maros, untuk akses masuknya haruslah mengarungi aliran Sungai Pute.

Meskipun harus mengarungi aliran sungai, selama perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, yang ada di dekat aliran sungai berupa menjulangnya karst-karst dan rimbunnya Pohon Nipah. Tentu hal ini menjadi bonus tersendiri karena kita disuguhkan pemandangan yang luar biasa selama perjalanan.

Dan selain dijadikan tempat wisata, Karst Maros sering digunakan juga untuk penelitian mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhirnya. Para mahasiswa tersebut biasanya datang untuk meneliti tulisan maupun gambar yang ada di sekitaran gua. Tulisan dan gambar tersebut berasal dari orang-orang zaman dahulu.

Keramahan Warga

Warga di sana sangatlah ramah kepada para pengunjung. Jadi, untuk teman-teman yang belum pernah ke wisata batu Rammang-Rammang, silakan untuk datang. Biasanya orang-orang yang sudah datang ke sini akan mengatakan karst yang ada di Maros lebih bagus dari karst yang ada di Cina Selatan atau Vietnam. Tentu yang mengatakan ini adalah orang-orang yang sudah berkunjung ke Cina Selatan dan Vietnam.

Namun, rasa-rasanya berwisata karst tidak perlu sampai ke luar negeri karena di negara kita sendiri sudah ada karst yang indah, cantik dan tentunya terbesar kedua di dunia.

 

One thought on “Wisata Karst Terbesar Kedua di Dunia yang Sayang Jika Tidak Dikunjungi Sekali Seumur Hidup”

Berikan Komentar