Oleh-Oleh Unik yang Rugi Jika Tak Dibawa Pulang dari Makassar; Nomor 4-6 Mungkin Belum Anda Coba

oleh-oleh-makassar-sirup-dht

Menjelajahi Kota Anging Mammiri tak lengkap rasanya bila tak membawa oleh-oleh untuk sanak famili dan tetangga dekat yang sudah menunggu di rumah. Beberapa oleh-oleh berikut ini bisa menjadi buah tangan yang tepat untuk mereka.

1.Sirup DHT

Sirup DHT sudah menjadi oleh-oleh khas Kota Makassar. Penjualannya yang sangat terbatas dan tidak mudah ditemukan di luar kota. Sirup ini tepat dihidangkan di momen-momen besar, seperti bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Rasanya sangat manis dan cocok sebagai hidangan tamu.

Oleh karena itu, sirup ini cocok untuk menjadi buah tangan dari Makassar. Dan yang perlu diketahui adalah sirup DHT ini adalah pasangan yang selalu ada untuk es pisang ijo, es pallu butung dan es poteng yang juga sama-sama dari Makassar.

2.Sirup Markisa

w23-3Sirup markisa mungkin sudah bertebaran banyak di swalayan-swalayan pinggir jalan. Namun sirup markisa asli Sulawesi Selatan ini tentu memiliki rasa yang berbeda.

Markisa “ Bola Dunia ” sudah menembus pasar internasional dan pabrik pusatnya terdapat di Makassar. Maka tak heran banyak produk sirup markisa yang bermunculan untuk menjadi saingan sirup ini. Jadi Anda yang sedang di Makassar jangan lupa bawa oleh-oleh ini buat keluarga.

3. Kopi Toraja

w23-4Buat yang mengaku pecinta kopi, tentu tidak mau melewatkan oleh-oleh khas yang satu ini. Bumi Toraja selain terkenal dengan kebudayaannya, juga punya daya pikat tersendiri dengan kopinya.

Kopi Toraja aromanya sangatlah sedap dan rasanya juga sangat nikmat, maka tak heran bila kekayaan alam negeri ini jadi barang ekspor ke luar negeri.

Nah, yang berkunjung ke Makassar, jangan sampai lupa untuk membawa kopi ini pulang. Orang luar negeri saja sudah merasakan nikmatnya Kopi Toraja, masak kita orang Indonesia belum?

4.Selai Kaya

w23-5Bahannya terbuat dari kelapa, telur dan gula. Rasanya juga enak dan gurih, sangat cocok buat orang yang jarang sarapan.

Cocok juga buat anak-anak yang hobi makan roti sambil dicampuri selai. Harganya di antara angka lima puluh ribu ke atas. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

5.Kacang Disco

Kacw23-6ang yang satu ini, bahan bakunya dari kacang tanah di campur dengan tepung terigu, telur dan aneka bumbu yang membuatnya menjadi cita rasa yang unik.

Kacang disco jadi cemilan yang pas saat kita lagi santai, duduk manis minum kopi toraja sembari ditemani jajanan khas Makassar ini.

6.Dangke    

w23-7Sekilas bentuknya mirip dengan tahu atau nasi tumpeng. Padahal makanan yang satu ini terbuat dari susu ternak.

Dangke terbuat dari fermentasi susu sapi atau kerbau segar yang sudah diolah, dengan garam dan getah buah pepaya. Dangke enak dengan dimakan langsung, digoreng atau dipanggang.

Makanan ini juga bisa disajikan untuk lauk makan, acara keluarga, arisan hingga anak yang malas minum susu.

Oleh-oleh Makassar sebenarnya masih banyak sekali. Di antaranya ialah kain sutera khas Bugis atau sarung Mandar dan lain sebagainya.

Berikan Komentar