Tak Perlu Jauh ke Saudi, Masjid di Makassar Ini Sudah Serasa Shalat di Jeddah

Jika berkunjung ke Kota Makassar, tak lengkap rasanya bagi yang beragama Islam untuk tidak berkunjung ke Masjid Amirul Mukminin, atau yang lebih akrab dengan sebutan Masjid Terapung Makassar.

Masjid Terapung dibangun di atas laut, tepatnya di pinggir Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini diresmikan pada 21 Desember 2012, dan awal mula nama dari masjid ini bukanlah Masjid Amirul Mukminin, melainkan Masjid 99 Al Makassary—karena bentuknya yang menyerupai angka sembilan puluh sembilan, jika dilihat dari ketinggian.

Konsep dari bangunan masjid ini memang menyerupai konsep dari Masjid Arrahmah, Jeddah, Arab Saudi. Adapun untuk daya tarik dari masjid ini terdapat adanya dua kubah berdiameter sembilan meter.  Selain itu, di bagian depan masjid terdapat lima tiang yang menggambarkan lima waktu shalat. Ditambah lagi dengan adanya sembilan puluh sembilan lampu di dalam masjid yang menggambarkan nama-nama Allah atau yang lebih kita kenal dengan Asmaul Husna.

w5-2
Masjid di Jeddah

Masjid Amirul Mukminin dibangun melalui dana hibah dari sejumlah donatur yang nilainya mencapai enam miliar rupiah. Dengan besarnya dana tersebut, Masjid Terapung memiliki tiga lantai dengan luas empat puluh lima meter persegi, dengan daya tampung sekitar lima ratus orang.

Selain sebagai tempat beribadah. Masjid Terapung juga menjadi lokasi wisata bagi pengunjung  Kota Makassar.

Kawasan Pantai Losari dan sekitaran Masjid Terapung akan semakin ramai dikunjungi warga di waktu petang untuk melaksanakan shalat berjamaah. Apalagi ketika bulan Ramadhan datang, pasti tempat ini menjadi tempat favorit berkumpul warga Makassar, karena menjadi tempat yang tepat untuk ngabuburit.

Selain menunggu waktu berbuka dan shalat maghrib berjamaah, warga juga bisa melihat pemandangan yang ada di sekitar kawasan Masjid Terapung yang memang sangat indah. Ditambah lagi kita bisa menyaksikan matahari terbenam tepat di kawasan Anjungan Pantai Losari dan sekitaran Masjid Terapung.

Jadi, sudahkah Anda shalat di Masjid Terapung ini?

 

 

Berikan Komentar