Pulau-Pulau ‘Surga’ di Kota Makassar

Berlibur ke Kota Makassar, tak lengkap rasanya bila belum menyambangi beberapa pulau yang ada di Ibu Kota Sulawesi Selatan tersebut. Sebagaimana kita ketahui, Makassar terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Tak hanya pantai, di sini pulau-pulau pun ada. Jadi, untuk kalian yang mengaku petualang dan hobi jalan-jalan, jangan lupa sambangi pulau yang ada di Kota Makassar.

1. Pulau Lae-Lae

Salah satu pulau yang layak untuk dikunjungi adalah Lae-Lae. Pulau ini berjarak 1,5 km dari Kota Makassar dan merupakan pulau terdekat dengan pesisir Pantai Losari. Hanya butuh waktu lima menit untuk sampai di pulau ini dengan menggunakan perahu.

Bagi pengunjung yang ingin berlibur, bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan menyelam. Selain itu bersantai ria dengan hidangan makanan bisa pula dinikmati di Pulau ini, apalagi Pulau Lae-Lae sudah difasilitasi penginapan berupa Bale-Bale (Pondok Kecil di Pinggir Pantai) dengan harga yang sangat murah, senilai Rp 50.000 untuk satu malam. Tentunya semakin membuat kita betah berlama-lama di pulau yang berpenduduk 1780 jiwa ini. Selain itu, sajian musik perkusi yang dibawakan oleh anak-anak muda setempat menjadi hiburan tambahan kala menikmati indahnya sunset di Kota Makassar.

2. Pulau Kodingareng Keke

w12-2

Jernihnya air laut disertai keindahan panorama terumbu karang akan menyambut kehadiran para wisatawan sesampainya mereka di Pulau Kodingareng Keke. Di pulau ini kita bisa melakukan kegiatan, seperti berenang dan snorkeling. Liburan ini serasa di pulau sendiri karena Pulau Kodingareng Keke memang tak berpenghuni alias kosong. Warga sekitar hanya memanfaatkan pulau ini untuk ekonomi saja, seperti menyediakan Bale-Bale untuk tempat beristirahat para wisatawan dan menyewakan perahu motor untuk mengunjungi pulau tersebut.

Hanya saja yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke pantai ini adalah pastikan bahwa perbekalan kita mencukupi. Karena warung atau penjaja makanan tidak ada di sini.

3. Pulau Samalona

w12-3

Pulau Samalona sudah sangat dikenal namanya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Biasanya Pulau Samalona ditawarkan satu paket dengan Pulau Kodingareng Keke oleh jasa penyeberangan. Apabila yang diambil satu paket dengan Pulau Kodingareng Keke, maka jarak tempuh ke Pulau Samalona kurang lebihnya sekitar satu jam. Akan tetapi bila yang diambil hanya rute Pulau Samalona saja, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar setengah jam dari dermaga.

Di Pulau Samalona ini, kita bisa menikmati beberapa pillihan kegiatan, seperti snorkeling, berenang, berkeliling Pulau Samalona hingga bermain Banana boat. Pulau ini lebih ramai dibandingkan pulau sebelumnya, Kodingareng Keke. Di sini terdapat tempat penginapan, tempat makan dan beberapa fasilitas lainnya yang cukup lengkap.

4. Pulau Kayangan

w12-4

Hanya memiliki luas satu hektar, menjadikan Pulau Kayangan termasuk salah satu pulau kecil yang ada di Makassar. Akan tetapi meski tergolong kecil, pulau yang dulunya bernama Marrouw atau Meraux ini dapat menjadi obat penghilang penat kita. Berbagai fasilitas seperti penginapan, restoran, sarana olahraga dan kolam pemancingan tersedia di sini.

Selain itu, transportasi untuk menuju Pulau Kayangan tergolong murah. Kurang lebih uang lima puluh ribu sudah cukup untuk mengantarkan kita pulang pergi. Selain itu, Pulau Kayangan juga dilengkapi dengan akses internet yang sangat berguna sekali untuk mengabadikan momen selama liburan melalui media sosial.

One thought on “Pulau-Pulau ‘Surga’ di Kota Makassar”

Berikan Komentar