Peninggalan Kejayaan Kerajaan Gowa Makassar yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

 

Sumber: indonesia.travel

Selama berabad-abad, Makassar telah menjadi pelabuhan perdagangan strategis di mana pedagang dari India, Cina, pulau-pulau Indonesia, dan kemudian orang Eropa datang untuk menukarkan barang-barang mereka untuk komoditas ekspor lokal yang meliputi emas, perak, mutiara, sutra, kopi, dan rempah-rempah yang dikumpulkan dari daerah sekitarnya. Hingga saat ini Makassar masih memiliki aura dari pusat perdagangan kosmopolitan yang lama, di mana kapal layar Phinisi yang megah dapat dilihat terikat ke dermaga di pelabuhan Paotere.

Kerajaan Gowa merupakan bukti sejarah kejayaan Makassar pada masa lampau tersebut. Beberapa peninggalan sejarah tersebut masih bisa kita saksikan hingga sekarang dalam bentuk wisata sejarah berikut ini:

1 | Fort Rotterdam

Fort Rotterdam dibangun oleh Belanda untuk mempertahankan kota dari serangan kapal termasuk serangan dari Inggris, yang dibangun pada abad ke-19. Benteng berdiri di atas tanah yang sejak abad ke-16 dulunya adalah tempat kerajaan Bugis yang kuat di Gowa. Benteng ini adalah salah satu dari beberapa benteng di Indonesia yang masih utuh, sehingga menarik wisatawan untuk melihat bagaimana benteng-benteng tua ini dibangun. Dari tembok pembatasnya, Anda dapat mengabadikan seluruh pantai di Makassar. Sepanjang penjuru Anda akan bisa menyaksikan cakrawala di Teluk Makassar dimana terletak pulau-pulau Spermonde.

2 | Museum Ballalompoa

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah Makassar, kunjungi Museum Ballalompoa yang terletak di bekas istana Sultan Gowa. Setiap pagi pukul 09.0 waktu setempat, sebuah momen “Perubahan Pengawal” yang mengesankan terjadi di alun-alun di depan Museum. Mengenakan kostum merah cerah, “tentara” yang terlibat dalam proses “Pergantian Pengawal” di bekas Istana Gowa akan melakukan latihan mereka, yang terbuka untuk umum.

3 | Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere terletak sekitar 4 km di utara dari pusat kota. Jika Anda menyukai kapal layar tua yang sangat legendaris maka lokasi ini pasti harus mengunjungi untuk mengambil foto-foto yang fantastis. Di dekatnya merupakan salah satu pasar ikan terbesar di Indonesia di mana Anda dapat menemukan tuna raksasa, kepiting raksasa, dan setiap makhluk laut yang dapat Anda bayangkan kelezatannya. Tempatnya sibuk dan sangat ramai mulai dari pagi hingga sore hari.

Dengan berkunjung ke lokasi bersejarah tersebut, Anda akan semakin kagum dan bangga betapa hebatnya kejayaan masa lampau Kota Makassar dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.