Museum Ne’ Gandeng Toraja: Museum Unik di Tengah Sawah, Kaya Sejarah, dan Indah

museum-ne-gendeng-toraja-unik

Tana Toraja memang selalu menyimpan cerita unik bagi setiap pengunjung. Tana ini memang dikenal memiliki adat tradisi yang masih sangat kental, yang masih dipegang erat oleh penduduk.

Museum Ne’ Gandeng adalah salah satu bukti dimana masyarakat setempat masih mempertahankan adat dan tradisi Tana Toraja.

Mengenal Museum Ne’ Gandeng

w26-2Museum Ne’ gandeng berada di tengah sawah. Tepatnya di Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan Balusu.

Ne’Gandeng adalah salah satu tempat wisata yang juga berada di Tana Toraja. Akan tetapi tempat wisata yang satu ini, dikenal bukan karena wisata alamnya, atau wahananya, melainkan karena Tongkonannya yang begitu banyak sehingga membuat tempat ini memiliki keunikan dari tempat wisata yang lain.

Untuk lokasi sendiri, Museum Ne’ Gandeng letaknya tidak terlalu jauh dari Rantepao, hanya sekitar 10 kilometer. Transportasinya bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum masuk tempat ini, pastikan kita membeli tiket terlebih dahulu dan mengisi buku tamu.

Setelah itu, kita diperkenankan untuk menaiki Tongkonan. Saat menaiki Tongkonan kita bisa melihat isi dari bangunan tersebut dan kita juga bisa melihat kawasan Ne’ Gandeng secara lebih luas.

Gunung, sawah dan pepohonan mengitari kawasan museum. Pemandangan alam bebas yang indah ini menjadi nilai plus dari wisata Museum Ne’ Gandeng.

Sejarah Ne’ Gandeng

w26-3Tempat ini sendiri awalnya adalah tempat pelaksanaan prosesi pemakaman Ne’ Gandeng yang merupakan leluhur kampung di tahun 1994, sebagaimana yang diketahui bersama masyarakat Toraja adalah masyarakat yang menghormati leluhurnya. Kemudian dibangunlah bangunan tersebut dan lambat laun akhirnya beralih menjadi tempat wisata yang lebih menonjolkan bangunan Tongkonannya.

Semasa hidupnya, Ne’ Gandeng dikenal sebagai wanita yang memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar. Maka dijadikanlah ia nama museum untuk tempat wisata ini.

Selain menjadi kawasan wisata, Museum Ne’ Gandeng juga menjadi tempat untuk menggelar acara adat oleh penduduk sekitar.

Bagi teman-teman yang singgah di Tana Toraja, jangan lupa untuk mampir sejenak ke Museum Ne’ Gandeng. Berwisata ke tempat ini tidaklah menguras tenaga karena kawasannya tidaklah terlalu besar untuk dijelajahi.

Berikan Komentar