Minyak Tawon Makassar yang Melegenda dan Mendunia

minyak-tawon-makassar

Siapa di antara kita yang tidak mengenal brand yang bernama Minyak Gosok Cap Tawon ? Rasa-rasanya semua orang Indonesia sudah mengetahui nama brand yang sangat legendaris ini. Kecuali mungkin generasi yang saat ini baru lahir.

Minyak Tawon sangatlah mudah ditemukan di kios-kios maupun di warung-warung pinggir jalan karena harganya relatif murah dan bisa dijangkau oleh siapapun.

Oleh karena itu, mari kita mengenal lebih dekat minyak gosok yang sudah melanglang buana di seluruh kawasan Indonesia dan mancanegara ini.

Awal Berdiri

Minyak Tawon sendiri sudah beroperasi di tahun 1912, tepatnya dibawah bendera PT. T.O. Boo Loeng. Akan tetapi nama T.O. Boo Loeng diganti dengan Tawon Jaya Makassar ditahun 1969 karena di masa pemerintahan orde baru nama perusahaan yang mengandung unsur penamaan Tionghoa dilarang.

Minyak Tawon adalah usaha turun temurun. Usaha ini awalnya dirintis oleh Lie A Liat di tahun 1912, kemudian dilanjutkan oleh anaknya Frans Bani Mattualy di tahun 1997. Sampai saat ini anak cucu keturunan Frans Bani Mattualy-lah yang meneruskan usaha tersebut.

Eksis Sampai Sekarang

Zaman dahulu Minyak Tawon boleh dibilang adalah minyak gosok yang paling laris di Indonesia. Hampir semua kalangan memakainya dan khasiat dari minyak ini sangatlah banyak.

Salah satu hal yang paling diingat adalah minyak ini mampu mengobati batuk, meskipun ketika diminum rasanya hangat-hangat dan terasa hambar. Dan ternyata terbukti setelah meminum Minyak Tawon batuk bisa reda. Kejadian tersebut pasti pernah dirasakan oleh beberapa orang.

Akan tetapi, saat ini, tulisan di kemasan Minyak Tawon yang menyatakan bahwa minyak tersebut bisa diminum sudah tidak ada lagi. Mungkin karena ada bahan yang diubah atau standar tertentu yang diberikan oleh departemen kesehatan sehingga pihak perusahaan tidak mencantumkannya atau melarangnya.

Minyak Tawon sendiri sudah terkenal khasiatnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sakit urat dan tulang (keseleo, pegal linu, otot leher kaku, sakit pinggang dan punggung, bengkak karena terjatuh atau terpukul), sakit bagian kepala (sakit kepala, sakit gigi, pipi bengkak), penyakit kulit (luka, bisul, lecet, gigitan serangga, luka bakar dan luka khitan), penyakit lain seperti sakit perut, sakit ulu hati, muntah-muntah, serta penyakit lainnya.

Dan satu hal yang paling diingat dari minyak ini adalah kemasannya yang tidak berganti meskipun perkembangan zaman semakin maju. Tentunya ini adalah strategi marketing yang memang diterapkan oleh perusahaan Minyak Tawon agar masyarakat tetap ingat dan setia membeli produknya.

Dan yang perlu diingat adalah  pabrik Minyak Tawon ada di Makassar. Maka tak heran kalau minyak ini dijadikan buah tangan khas Makassar oleh turis lokal, karena meskipun sudah beredar di mana-mana, membeli dari kota asalnya akan lebih menyenangkan dan biasanya lebih murah.

Pada tahun 2012 lalu, usia Perusahaan Minyak Tawon sudah memasuki angka 100 tahun. Angka yang tidak main-main. Angka yang menunjukkan bahwa produk Minyak Tawon memang diminati masyarakat.

Sampai sekarang pun Minyak Tawon sudah menembus pasar dalam negeri maupun luar negeri, yang tentunya menjadi sebuah kebanggan tersendiri, bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan secara khusus Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan.

3 thoughts on “Minyak Tawon Makassar yang Melegenda dan Mendunia”

Berikan Komentar