Lanjukang Pulau Terpencil Nan Indah di Makassar

pulau lanjukang makassar

Pulau Lanjukang atau Pulau Lanyukang adalah pulau yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Makassar. Pulau dengan nama lain Pulau Laccukang ini berlokasi di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum tersedia transportasi regular untuk menuju ke pulau ini dari Kota Makassar. Namun, sebagai solusi para wisatawan dapat menggunakan perahu carteran atau sekoci dengan mesin 40 PK untuk 10 penumpang dengan biaya sewa sebesar satu juta rupiah untuk pulang pergi.

Keindahan

Dengan memiliki bentuk pulau yang memanjang, pulau ini memiliki luas yang mencapai lebih dari 6 hektar dengan memanjang antara barat daya hingga timur laut. Pulau ini juga dikelilingi dengan rataan terumbu karang seluas 11 hektar.

Pada bagian timur merupakan daerah yang terbuka dan terdapat dataran yang menjorok keluar. Sedangkan di sisi barat bagian tengah, terdapat mercusuar yang bisa digunakan untuk melihat keindahan laut dari bagian atas.

Vegetasi di pulau ini cukup padat, dengan sebaran pohon merata, didominasi oleh pohon pinus dan pohon kelapa serta pohon pisang dibagian tengah pulau.

Sarana Prasarana

Sarana umum yang tersedia di pulau ini bisa dibilang masih sangat terbatas. Sebagai contoh, fasilitas kesehatan dan pendidikan masih belum tersedia di sini. Instalasi listrik dengan 2 buah generator hanya beroperasi antara pukul 17.30 – 21 .00 WITA.

Untuk kebutuhan sehari-hari, di pulau ini terdapat sebuah sumur air payau di bagian tengah pulau. Meskipun begitu, di pulau ini juga telah terdapat warung kecil sebanyak 2 buah. Tentunya, barang dagangan yang disediakan masih terbatas. Selain itu terdapat sebuah musholla semi permanen. Pemukiman penduduk terkonsentrasi di sisi utara pulau yang relatif lebih aman pada musim timur dan barat.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, sudah disediakan resort berupa 2 buah bangunan rumah batu semi permanen. Pulau Lanjukang adalah pulau yang sangat ideal bagi para pengunjung yang menyukai suasana alami.

Meskipun fasilitas yang tersedia di pulau ini terbatas, pulau ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk camping, berjemur di pantai pasir putih atau bersnorkeling disekitar perairan. Berbagai spesies karang juga bisa dijumpai disini seperti karang lunak, ikan karang, dan ikan hias, serta biota laut lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.