Kuliner Khas Bakassar Berbahan Dasar Buah yang Bikin Betah di Makassar

Sumber: indonesia.travel

Makassar adalah kota terbesar di Indonesia timur dan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar terhubung dengan berbagai lokasi di seluruh Indonesia dan memiliki salah satu bandara tersibuk di kawasan timur Indonesia, yang memungkinkan banyak wisatawan berkunjung kesana.

Selain kaya dengan menu kuliner bernuansa ikan laut, Kota Makassar juga kaya dengan kuliner berbahan dasar buah segar yang sangat lezat dan memanjakan lidah wisatawan disana. Beberapa kuliner berikut ini sangat populer disana, sehingga tak lengkap rasanya kunjungan Anda ke Makassar tanpa mencoba kuliner berbahan dasar buah berikut ini:

1 | Pisang Epe – Dessert Pisang Khusus Makassar

Pisang Epe ini merupakan kuliner spesialisasi Makassar yang populer. Pisang segar yang sudah matang dipanggang dan diratakan, kemudian ditutup dengan saus kaya gula merah yang dicampur dalam berbagai saus yang memiliki berbagai rasa durian atau jus nangka, dan akhirnya diberi taburan kolat dan keju yang nikmat. Kuliner ini yang paling top ditemukan di warung makanan dan pedagang kaki lima di Pantai Losari.

2 | Barongko

Barongko adalah jenis dessert pisang kukus atau camilan yang terbuat dari sagu (tepung beras), santan dan gula aren, antara lain, dan dikukus di daun pisang. Di masa lalu, makanan penutup ini hanya disajikan untuk raja dan ratu dahulu kala dan dianggap sebagai sajian kerajaan. Hari ini Anda dapat membelinya di supermarket, toko roti, atau pasar tradisional di sekitar Makassar.

3 | Es Pisang Ijo (Iced Green Banana Rolls)

Es Pisang Ijo ini adalah kuliner ala dessert lain dengan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang dibungkus dalam adonan hijau terbuat dari pisang, pandan dan santan. Campuran bahan ini kemudian diiris dan disajikan dalam mangkuk es, sirup dan santan yang sudah disiapkan.

Salah satu tempat Anda dapat menikmati makanan manis ini di RM Bravo di Jalan Andalas No. 154 di Makassar.

Nah, penasaran bukan dengan keragaman aneka kuliner di Makassar tersebut? Harga yang murah dan rasa yang mewah jadi alasan penting mengapa Anda harus menikmati menu kuliner khas tersebut.

Berikan Komentar