Gumuk Pasir Toraja Destinasi Wisata Baru yang Memukau

gumukpasirtoraja

Gumuk Pasir Toraja. Pernahkah pergi ke sana?

Ternyata ada. Ternyata bukan hanya Yogyakarta yang punya gumuk pasir.

Gumuk pasir pada dasarnya adalah gundukan bukit yang terbentuk dari pasir, yang dihembuskan oleh udara. Pasir-pasir tersebut jatuh di daerah yang bercuaca panas atau kering.

Dan gundukan seperti ini bisa kita temukan di Tana Toraja. Sejak informasinya beredar di media sosial, kumpulan pasir ini sudah menjadi tempat wisata yang ramai didatangi oleh pelancong. Mereka biasanya mendatangi Gumuk Pasir karena ingin melihat pemandangan yang ada.

Baru Ditemukan Warga

Gumuk Pasir ini terletak di Desa Sumalu, Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara. Butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Rantepao jika menggunakan kendaraan roda dua.

Uniknya lagi, ternyata gumuk pasir ini baru ditemukan warga setempat di awal September 2016.

Bagi Anda yang mau mengunjungi tempat wisata ini diharuskan berani bertanya kepada warga sekitar. Lokasi dari Gumuk Pasir Toraja sangatlah terpencil dan sulit dijangkau.

Menjadi Daya Tarik

w27-2

Bagi warga sekitar, gumuk pasir yang mereka temukan itu hanyalah sesuatu yang biasa saja. Namun sebaliknya, bagi para wisatawan yang datang, hal itu adalah sesuatu yang menakjubkan.

Untuk menyusuri gumuk pasir ini, kita harus siap untuk berpanas-panasan. Biasanya di siang hari matahari Sumalu sangatlah panas. Butuh kondisi fisik yang prima pula, karena saat berada di lokasi kita akan naik turun bukit pasir tesebut.

Titik klimaks dari wisata gumuk pasir ini adalah ketika kita bisa berada di puncak gumuk pasir Toraja. Di puncak tersebut, seluruh pemandangan dari bawah dapat kita abadikan dengan kamera digital kita. Namun catatan penting yang harus diperhatikan adalah posisi puncak ini hanya untuk mereka yang berani saja. Karena untuk mencapai posisi puncak harus mendaki di atas ketinggian ditambah lagi kondisi gumuk terkadang licin.

Dan untuk kalian yang kepanasan dan ingin berteduh, warga sekitar sudah menyiapkan tempat berteduh berupa tenda yang atapnya memakai terpal dan beralaskan tikar di sisi arah masuk gumuk.

Demikianlah keindahan gumuk pasir yang ada di Tana Toraja. Bagi Anda yang sudah pergi ke sana, jangan lupa untuk membagikan kisahnya kepada kerabat dan sahabat agar nantinya semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Gumuk Pasir Tana Toraja di Desa Sumalu.

 

Berikan Komentar