5 Fakta Menarik Tentang Makassar yang Perlu Diketahui Sebelum Berkunjung Kesana

Sumber: ohfact.com

Makassar adalah kota terbesar kelima di Indonesia dan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini terletak di sisi barat daya semenanjung selatan Sulawesi. Kebanyakan orang Makassar terkait erat dengan orang Melayu atau Bugis. Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung kesana tanpa mengetahui beberapa fakta menarik tentang kota terbesar di Pulau Sulawesi yaitu kota Makassar tersebut seperti ulasan berikut ini:

  1. Nama Lama Ujung Pandang

Makassar dikenal dengan nama lain di antara tahun 1971 hingga 1999. Kota ini dikenal sebagai ‘Ujungpandang’ atau ‘Ujung Pandang’ yang berarti akhir atau ujung pandang. Nama panggilan Makassar adalah ‘Kota Daeng’.

  1. Motto Unik

Moto Makassar cukup unik yaitu: ‘Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai’ menunjukan semangat kepribadian yang pantang mundur. Di dalam lambang Kota Makasar juga terdapat perahu yang kelima layarnya sedang terkembang melambangkan bahwa Kota Makassar sejak dahulu kala adalah salah satu pusat pelayaran di Indonesia.

  1. Istana Gowa Kingdomballa Lompoa

Balla Lompoa, yang dulunya merupakan istana Kerajaan Gowa sekarang menjadi museum. Dalam bahasa Makassar makna Balla Lompoa adalah rumah besar. Aula utama istana ini masih ditata dengan cara yang sama seperti yang dilakukan di masa lalu untuk fungsi kerajaan. Di museum ini pengunjung dapat berdandan seperti bangsawan dan disana juga ada sesi foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

  1. Masjid Terapung

Di pantai Losari ada sebuah masjid yang disebut masjid terapung. Masjid ini dibuat di atas panggung dan dari beberapa sudut tampaknya seolah-olah mengambang di atas air sehingga dikenal sebagai masjid terapung.

  1. Tempat Lahir Coto Makassar

Makassar adalah tempat kelahiran Coto Makassar. Makanan ini adalah sup daging sapi yang diolah bersama dengan rempah-rempah dan daging sapi, termasuk isi jerohan sapi seperti otaknya, hati, jantung, usus, paru-paru dan juga ditambahkan babat didalamnya.

Sarapan dengan Coto Makassar merupakan impian setiap wisatawan saat berkunjung kesana. Cara terbaik untuk memulai pagi hari di Makassar adalah dengan sarapan tradisional. Orang-orang di Makassar menyukai Coto Makassar untuk sarapan. Hidangannya adalah sup daging sapi, disajikan dengan kue beras (ketupat) dan bawang merah goreng. Jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis yang harus dicampur dengan bumbu untuk hampir semua hidangan di Makassar.

Nah, setelah Anda paham fakta menarik tentang Makasar diatas, tunggu apalagi? Let’s go to Makasar yuk !

Berikan Komentar