Utamakan Keamanan Saat Mudik, Dishub Makassar Himbau Pakai Kendaraan Umum

Sumber: inikata.com

Jelang momentum Idul Fitri 1439 H, Dinas terkait serta jajaran pemerintah kota di seluruh Indonesia bersiap dengan musim mudik yang biasanya terjadi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sangat umum dijumapai pemudik membawa terlalu banyak barang, terlebih dengan menggunakan sepeda motor yang sebenarnya tidak layak dilansir dari inikata.com (9/6/18).

Padahal membawa muatan yang berlebihan bisa membahayakan keselamatan karena memicu kecelakaan. Untuk itu, berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Perhubungan Makassar melalui Humas, Azis Sila, menghimbau warga kota Makassar untuk menggunakan angkutan umum saja.

“Dinas, sudah melakukan uji kelayakan jelang lebaran. Tujuannya untuk mengetahui mana angkutan umum yang layak jalan, dan mana yang tidak. Untuk itu kami menghimbau pemudik lebih memprioritaskan menggunakan angkutan umum”, demikian seperti diutarakan Azis Sila melalui komunikasi via telepon.

Belakangan, pihak Dinas Perhubungan Kota Makassar telah turun langsung kelapangan disejumlah terminal. Beberapa terminal diantaranya, Terminal Regional Daya type A, juga Terminal Regional Mallengkeri type B sudah dilakukan Inspeksi mendadak.

“Tujuannya, demi mengecek kendaraan yang akan dipakai para pemudik. Karenanya, secara umum Dinas Perhubungan sudah memantau di berbagai terminal disana. Sangat disarankan pemudik menggunakan, sebab Dishub sudah cek layak tidaknya angkutan-angkutan mudik lebaran. Semua demi keselamatan dan kenyamanan pemudik sendiri”, lebih lanjut Humas Dishub Kota Makassar, Azis Sila menambahi.

Selain uji kelayakan Dishub Kota Makassar juga menggandeng sejumlah pihak kala melakukan sidak tersebut. Mulai dari Pihak Kepolisian, termasuk dari BNP (Badan Narkotika Propinsi) Sulawesi Selatan, yang turun langsung kelokasi.

“Kita dari Dishub sudah melakukan pengecekkan kelayakan kendaraan, sementara untuk kelengkapan surat-surat (pengecekkan) langsung dilakukan pihak kepolisian, ada juga BNP waktu itu, melakukan tes urine, takutnya ada sopir dibawah pengaruh narkoba atau miras, jangan sampai sebab ini berhubungan dengan keselamatan orang banyak”, demikian pungkas Azis Sila menutup perbincangan.

Mempertimbangkan untuk mudik dengan kendaraan umum seharusnya bukan sekedar menuruti anjuran Dinas Perhubungan Kota Makassar saja. Karena sudah sepatutnya setiap orang untuk menjaga keselamatan diri pribadi dan keluarganya. Ketimbang memuat terlalu banyak barang dengan cara yang tidak layak, mudik pakai angkutan umum jauh lebih masuk akal.

Berikan Komentar