Uang THR: Travelling, Beli Gadget, atau Lamar Gadis Idaman?

Salah satu tanda kian dekatnya hari raya adalah pembicaraan mengenai THR. Tiga huruf ini paling sering dinanti-nanti dengan cemas. Kapan ya datangnya? Berapa ya sekarang jumlahnya?

Apalagi di tengah kebutuhan lebaran yang kian meningkat, uang THR dapat jadi penyelamat agar tabungan tidak tinggal keraknya.

Bagi yang PNS, bersyukurlah karena tunjangan hari raya selalu diperhatikan oleh presiden atau pihak terkait. Tahun ini malah mengalami peningkatan. Adapun karyawan swasta, jangan sedih. Kalau diberi THR, syukuri. Kalau tidak, sabarlah. Namun, di Indonesia ini, rasa-rasanya hampir semua perusahaan memberikan THR kepada karyawannya — walau cuma dua botol sirup.

Nah, sekarang, jika kamu diberi uang THR, apa yang akan kamu lakukan?

Pertama-tama, sebaiknya uang THR itu digunakan untuk bayar zakat. Minimal zakat fitrah, yang wajib di bulan Ramadan. Dibanding THR yang, misalnya, 2 juta rupiah, uang zakat fitrah paling banyak hanya 60 ribu rupiah, atau setara 4 liter beras. Jangan pelit dengan uang 60 ribu rupiah.

Kedua, beli baju lebaran. Baju lebaran memang tidak wajib sih. Umat muslim hanya dianjurkan menggunakan pakaian terbaik, tidak mesti pakaian baru. Namun, kadang-kadang agak minder juga kalau semua orang pakai pakaian baru sementara pakaian kita sudah usang. Selagi diberi rejeki berupa THR, tidak ada salahnya untuk menjadikan baju lebaran sebagai kewajiban dalam penggunaan dana THR.

Toh baju itu juga tetap bermanfaat di luar masa-masa lebaran.

Selebihnya, kamu mulai berhitung tentang alokasi dana sisanya. Bagaimana dengan menabung?

Uang THR sebenarnya bukan untuk ditabung. Maksudnya, uang THR memang pasnya dihabiskan di masa-masa hari raya.

Yang kamu bisa lakukan adalah:

Jalan-Jalan

Libur lebaran sangat baik digunakan untuk jalan-jalan atau travelling. Selain untuk refreshing, tentu saja yang paling penting adalah bersilaturrahmi kepada kerabat jauh yang jarang ditemui.

Uang THR bisa dipakai untuk beli tiket, sewa kendaraan, dan lain sebagainya.

Mengunjungi tempat-tempat wisata juga sangat bagus untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

Beli Gadget Baru

Apa hubungannya THR dengan gadget baru?

Begini, jika kamu punya impian memiliki gadget idaman, misalnya smartphone Vivo, sekaranglah saatnya — saat uang THR sudah cair. Masa lebaran ini semacam jendela kesempatan untuk membeli barang yang selama ini terasa mahal. Ada banyak diskon dan penawaran di hari-hari THR turun. Kamu bisa cek informasinya di situs marketplace seperti iPrice. Di situs ini kita bisa membandingkan harga dari gadget yang kita idamkan.

(sumber: insideretail.asia)

Gadget baru ini bisa dipakai untuk selfi-selfi saat lebaran. Atau menyapa kerabat jauh lewat video call dengan fitur kamera yang canggih, misalnya. Dan banyak lagi manfaat lainnya.

Melamar Gadis Idaman

Buat kamu yang sudah pantas untuk berdua dengan yang halal, ini saatnya untuk melamar gadis impian. Sehabis lebaran adalah maklum orang-orang untuk berziarah ke rumah kerabat, termasuk ke rumah doi untuk ketemu bakal calon mertua.

Uang THR bisa jadi modal awal untuk memulai pembicaraan tentang mahar. Kamu tidak lagi perlu minder karena sudah punya sekantong uang THR.

Kecuali jika bakal calon mertua minta rumah, petak tanah, empang, atau sawah, seperti banyak orang tua Bugis-Makassar, maka jangan coba-coba pamerkan uang THR-mu. Sebaiknya kamu mundur teratur. Atau kembali ke rencana pertama, yakni menghabiskan uang THR untuk travelling agar tidak stress dengan cinta yang kandas, atau membeli gadget idaman. Jika tidak bersamanya, setidaknya kamu masih punya gadget yang setia menemanimu tidur hingga terbangun.

 

3 thoughts on “Uang THR: Travelling, Beli Gadget, atau Lamar Gadis Idaman?”

Berikan Komentar