Manfaat Mencatat Transaksi Harian Bisnis Anda

Apakah Anda seorang pengusaha, pedagang, atau pelaku UMKM, yang selama ini cuek dengan pencatatan transaksi harian? Artikel ini barangkali dapat menyadarkan Anda.

Berikut manfaat mencatat transaksi harian usaha Anda.

Ketahui Tren Penjualan

Dengan pencatatan transaksi, Anda dapat mengetahui tren penjualan untuk usaha Anda. Secara berkala data penjualan dapat Anda evaluasi untuk melihat berapa peningkatan atau penurunan usaha Anda setiap bulannya.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari pada waktu apa omset Anda melejit. Misal, apakah pada setiap awal tahun saja produk Anda laku, atau akhir tahun saja, atau pada bulan apa saja? Pada musim apa bisnis Anda paling sering dikunjungi? Pada hari apa penjualan Anda meningkat, apakah hari kerja atau libur? Pada jam-jam berapa usaha Anda laku dibeli konsumen?

Evaluasi seperti itu membuat Anda dapat merumuskan strategi untuk pengembangan bisnis Anda. Tanpa evaluasi dan proses pembelajaran, besar kemungkinan bisnis Anda dapat berkembang. Bahkan, tanpa sadar, suatu saat bisnis Anda dapat menurun sewaktu-waktu.

Menghindari Kesalahan Perhitungan Pajak

Setiap tahun, pelaku usaha wajib melaporkan pendapatan resminya dalam rangka perhitungan pajak. Jangan sampai perhitungan pendapatan Anda bermasalah!

Perhitungan pendapatan dapat bermasalah hanya karena soal pencatatan. Banyak pelaku usaha kecil menengah yang ceroboh dengan hal ini. Kesalahan pelaporan pajak dapat membuat pelaku usaha terseret masalah hukum, misal kasus-kasus penggelapan pajak.

Nah, melalui pencatatan transaksi harian secara rapi, Anda tak perlu terlalu khawatir. Anda hanya perlu menyimpan data dan melaporkannya setiap tahun.

Mengurangi Potensi Kebocoran

Jika Anda telah memiliki karyawan, data transaksi harian seharusnya sudah menjadi hal wajib. Bukannya apa, sudah banyak kasus karyawan menggelapkan pemasukan suatu bisnis.

Atau bisa jadi, Anda secara tidak sadar memakai uang pendapatan bisnis sehingga modal usaha Anda tidak lagi berputar untuk periode penjualan berikutnya. Olehnya itu, Anda perlu mencatat transaksi harian agar dapat mengetahui pengeluaran sekaligus.

Pencatatan Harian Merepotkan?

Ya, memang, jika Anda menggunakan metode manual, seperti buku catatan, atau mungkin Excel.

Namun, sekarang, mitos pencatatan harian repot dapat terjawab dengan hadirnya aplikasi kasir SPOTS milik perusahaan GOJEK.

Aplikasi ini ternyata multifungsi, di antaranya ialah penerimaan pesanan GO-FOOD, melakukan pembayaran via GO-PAY, mencetak resi, dan menulis laporan harian untuk berbagai macam tipe pembayaran.

Melalui aplikasi SPOTS, para pelaku usaha dapat menghemat uang dan waktunya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan printer sehingga pelaku usaha tidak perlu lagi membeli perangkat tambahan. Kelebihan lainnya, yaitu:

  • Dapat leluasa mengatur menu. Anda dapat mengisi secara manual atau pun mengimpor menu GO-FOOD dan mengatur menu sesuai kebutuhan, seperti foto, harga, dan lain sebagainya.
  • Pesanan dapat diproses dengan cepat. Setiap ada pemesan, akan muncul pemberitahuan secara real time. Jadi, sebelum drivernya sampai, Anda sudah dapat memproses pesanannya. Wah!
  • Pembayaran GO-PAY jadi lebih mudah. Pelanggan tinggal memindai kode QR dan uangnya langsung masuk ke GO-PAY Anda.
  • Cetak resi secara instan. Sekali lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan printer sehingga resi transaksi dapat langsung dicetak.

Nah, bagaimana? Aplikasi SPOTS kini dapat dimiliki dengan biaya pendaftaran Rp 290.000, dengan biaya pemeliharaan hanya Rp 2.900 per hari.

Menarik, bukan?

5 thoughts on “Manfaat Mencatat Transaksi Harian Bisnis Anda”

  1. Bisnis kuliner akan lebih lancar jika menggunakan aplikasi SPOTS ini, tinggal dilakukan pelatihan singkat aja ke pedagang kuliner apabila ada sarana dari GOJEKnya

  2. Sebagai orang yang lama ngitung manual *tutup muka* aku seneng banget ada aplikasi kayak gini. Bisa dipakai untuk bisnis selain kuliner gak ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.