Mallsampah.com Karya Anak Muda Makassar Solusi untuk Bumi

mallsampah-com2

Permasalahan lingkungan global menjadi ancaman buat masa depan bumi. Di antara masalah terbesar ialah persoalan limbah sampah. Bagaimana kita menyikapinya? Merutuk kegelapan tidak bisa menyelesaikan masalah. Kita perlu menyalakan lilin solusi. Nah, anak muda Makassar telah menunjukkan karyanya untuk merespons masalah lingkungan hidup, khususnya sampah. Mereka mendirikan start-up web dan aplikasi mallsampah.com

Karya Mahasiswa UMI

Mallsampah.com didirikan oleh dua mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Adi Syaifullah Putra (Fakultas Hukum) dan Muhammad Faris (Ilmu Komputer). Aplikasi ini berhasil tembus di kancah nasional dalam program Teras Usaha Mahasiswa yang diadakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerja sama dengan KOMPAS.

mallsampahMallsampah.com mempertemukan pemilik sampah dan pihak yang membutuhkan sampah untuk usaha daur ulang. Selain itu, juga mempertemukan penjual kreasi daur ulang dengan para pembeli yang membutuhkan.

Di web mallsampah.com terdapat enam kategori, yaitu sampah kebutuhan industri, kreasi daur ulang, barang bekas, produk ramah lingkungan, go green, dan sampah news. Sampah yang dijual berupan bahan plastik, kaca, kaleng besi, hingga sampah elektronik.

Dukungan Banyak Pihak

Saat ini mallsampah.com bekerja sama dengan Bank sampah Kota Makassar, Aksi Indonesia Muda, ibu-ibu PKK kota Makassar, beberapa industri daur ulang milik masyarakat, Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, Sobat Bumi, UKMK UMI, Sahabat UMI, SSC KAMMI Kota Makassar, dan pengepul-pengepul sampah.

Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam penanganan sampah, dan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mengurangi sampah serta mendukung industri daur ulang sampah.

Berikan Komentar