Cegah Bahaya Kebakaran disaat Mudik, Damkar Makassar Berikan Tips Berikut Ini

Sumber: sulselsatu.com

Siapa tak bahagia bila berlebaran di kampung halaman. Berkumpul bersama sanak keluarga di kota asal tentu jadi pengalaman membahagiakan. Tak heran, dari tahun ke tahun tradisi mudik selalu jadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia setiap Idul Fitri tiba.

Namun, dibalik kebahagiaan mudik dan berlebaran di kampung halaman. Ternyata ada juga persoalan klise sering menimpa tempat tinggal yang dalam keadaan tak berpenghuni.

Ada saja daftarnya, mulai kebakaran, rumah dibobol maling, juga sederet persoalan negatif lain yang sebabkan kerugian baik secara moril maupun materiil.

Untuk anda, warga kota Makassar yang mungkin hendak lebaran di kampung halaman. Dinas Pemadam Kebarakaran (Damkar) kota Makassar, memberikan ragam tips penting agar rumah tak berisiko dilalap si jago merah seperti dilansir dari sulselsatu.com (10/6/18).

Disampaikan melalui Kepala Operasional Damkar Kota Makassar, Hasanuddin. Tips cegah kebakaran saat mudik penting untuk disimak. Berikut ini rangkumannya.

  1. Cek Peralatan listrik, jangan sampai ada stop kontak yang masih menancap. Pastikan sudah mencabut semua sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Ini mengingat faktor malfungsi kelistrikan jadi penyebab 60 persen kebakaran yang terjadi.
  2. Titipkan pada tetangga atau keluarga yang tidak mudik kunci ganda rumah. Mintalah untuk sesekali memantau kondisi rumah sampai penghuni kembali pasca mudik lebaran. Pastikan untuk menitipkan pada orang terpercaya.
  3. Cabut regulator dari tabung gas. Bahaya kebakaran juga bisa muncul dari kebocoran selang karena penghuni rumah lupa mencabut regulator dari tabung.
  4. Pastikan bahwa tak ada puntung rokok menyala sebelum meninggalkan rumah. Tips ini penting untuk pemilik rumah yang sekaligus juga adalah perokok aktif.

Dari keempat hal tersebut, Damkar Kota Makassar melalui Hasanuddin mengaku sudah memberikan sosialisasi lewat berbagai macam media. Harapannya tentu saja agar setiap warga Makassar yang berlebaran di kampung halaman bisa lebih tenang untuk menjalani hari-hari di kampung halaman tanpa harus merasa was-was akan terjadi kebakaran pada rumah yang ditinggalkan kosong dan tak berpenghuni.

Berikan Komentar