Mengungkap Banyak Keajaiban di Dataran Tinggi Toraja: Lebih dari Sekadar Situs Pemakaman yang Unik

Sumber: pedomanwisata.com

Kemegahan Toraja tidak hanya ditemukan di sekitar lokasi pemakaman dan upacara pemakaman saja seperti yang selama ini banya kdikenal wisatawan. Dataran tinggi ini juga menawarkan panorama alam yang spektakuler serta suasana tenang yang menginspirasi. Di tengah pegunungan tinggi dan tebing berbatu, sawah hijau terbentang indah di seluruh negeri. Di atas bukit Batutumonga, seseorang dapat melihat ke bawah pada pemandangan indah yang menakjubkan sambil menghirup udara dataran sejuk yang menyegarkan. Sambil melihat pemandangan alam yang luar biasa, kabut pagi akan muncul saat menyambut terbitnya matahari di cakrawala.

Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berjalan menyusuri sawah, ada sejumlah rute pendakian yang tersedia. Salah satunya terletak tepat di bawah situs pemakaman Mata Loko dimana pengunjung akan melakukan perjalanan yang luar biasa di atas sawah yang luas. Tentu saja, pada akhirnya Anda akan mendapatkan lumpur basah di sepatu Anda, namun Anda juga akan menjumpai sejumlah petani yang mengairi lahan mereka atau menanam padi di banyak teras ladang yang sangat indah untuk disaksikan. Jauh dari kebisingan, polusi udara, dimana hal ini benar-benar akan membuat liburan yang sempurna bagi Anda.

Di desa Sa’dan Barana, Anda dapat menemukan salah satu seni tradisional Toraja yang paling menakjubkan dalam bentuk kain tenun. Menampilkan motif tradisional Toraja yang khas, kain-kain ini masih diproduksi dengan teknik tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi yang mencakup pewarna alami dari berbagai tanaman. Di desa, Anda tidak hanya dapat membeli karya seni yang berharga ini, Anda juga dapat mengamati bagaimana mereka memintal benang untuk menenun dengan menggunakan alat tenun besar.

Dataran Tinggi Toraja juga terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di dunia. Anda tidak hanya dapat mencicipi dan membawa pulang kopi yang luar biasa ini, Anda juga dapat mengunjungi perkebunan dan menjelajahi bagaimana benih-benih ini diproduksi dan diproses. Di Perkebunan Kopi Sulotco yang terletak 1.500 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Rante Karua, wisatawan dapat melihat bagaimana kopi ditanam dan diproses. Perkebunan Kopi Sulotco menanam kopi berkualitas tinggi terutama Kopi Kalosi Toraja terkenal dan Kopi Celebes Kalosi yang diakui sebagai varietas kopi terbaik di dunia. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi area “Kopi Luwak” di mana Anda dapat mengamati musang menjadi bagian dari proses produksi kopi termahal di dunia, tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.