Siapkan Generasi Tangguh, Kota Makassar Canangkan Poin Revolusi Pendidikan

Sumber: https://koranmakassarnews.com

Menyiapkan generasi tangguh dan mampu bersaing di era seperti sekarang ini menjad tanggung jawab bersama. Bukan hanya sekolah atau institusi pendidikan saja tapi setiap anggota masyarakat, entitas maupun komunitas sebuah kota juga turut berperan serta untuk kemajuan pendidikan.

Berbagai cara juga perlu untuk dirancang dan dicanangkan agar di sebuah kota, peran serta masyarakat dalam memajukan dunia pendidikan bisa semakin meningkat. Setiap kota di Indonesia tak ketinggalan pula punya poin-poin dasar yang mengarah pada keunikan serta meningkatkan pengembangan pendidikan generasi bagi tiap-tiap kota.

Tak ketinggalan pula di kota Makassar. Kota yang merupakan ibu kota propinsi Sulawesi Selatan ini tergolong sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Dengan demografi masyarakat yang sangat beragam, kota ini menduduki urutan kelima kota terbesar di Indonesia. Dengan status semacam ini, sudah barang tentu kalau kota Makassar juga punya poin-poin pendidikan yang unik dan menjadi pola mendasar bagi pengembangan generasi mudanya.

Kesadaran bahwa menciptakan generasi muda yang berdaya saing tinggi serta mampu mengemban nilai-nilai kearifan lokal sekaligus berdaya saing global tinggi adalah kewajiban seluruh anggota masyrakat dan bukan hanya dinas pendidikan semata. Beberapa waktu yang lalu, dicanangkan dalam poin-poin sebagai bagian dari revolusi pendidikan di kota makassar.

Setiap poin itu berisi poin-poin vital yang menitik beratkan pada solusi bagi banyak masalah seputar pendidikan di kota Makassar. Berikut ini adalah poin-poin revolusi pendidikan yang perlu dicermati bersama.

  1. Semua Anak Bisa Sekolah
  2. Semua Sekolah Mengarah Menjadi Sekolah Adiwiyata
  3. Setiap Sekolah Bebas Narkoba atau Napza
  4. Wajib Belajar Minimal 9 Tahun
  5. 100 sekolah bertaraf bintang lima
  6. One School, One Smart Library
  7. Satu sekolah dengan guru setara innovator
  8. Satu sekolah dengan 5 superstudent
  9. 1 sekolah dengan 2 smartclass
  10. 1 sekolah 1 Superinovasi
  11. 5 klubdebat untuk satu sekolah
  12. 1 Anak menguasai 1 taian daerah
  13. 1 anak dengan 1 penguasaan olahraga
  14. 1 anak menanam 3 tanaman
  15. Adanya Festival Bakat reguler
  16. Adanya Olimpiade sekolah reguler
  17. Adanya kegiatan liga debat

Dengan dicanangkananya poin-poin tersebut diharapkan kedepan, pendidikan di Kota Makassar bukan hanya akan semakin maju, tetapi juga mampu memiliki daya saing SDM tinggi sekaligus berpatokan pada kearifan lokal.

Berikan Komentar