Pencapaian Kota Makassar Meraih Visi Menjadi Kota Pintar (Smart City) Kelas Dunia

Visa meraih impian menjadikan Makasar sebagai kota pintar (smart city) kini menjadi semangat yang terus dikembangkan oleh pemerintah kota Makassar. Smart city merupakan terobosan menarik dari pemerintah kota Makassar untuk kemajuan wilayahnya, apalagi melihat posisi Makassar sebagai kota terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Selain sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar juga merupakan kota terbesar di Pulau Sulawesi dalam hal jumlah penduduk.

Koordinasi publik dengan swasta juga  semakin berjalan dengan baik dan penting dalam perjalanan transformasi digital untuk menjadikan Makassar menjadi Kota Pintar.

Makassar adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki pusat Kemitraan publik dengan swasta (PPP Center). Dengan skema PPP, investasi dapat berjalan dengan baik dan perkembangan ekonomi bisa dipercepat di Makassar. PPP adalah salah satu cara untuk mencapai investasi modal dan mempercepat pertumbuhan kota Makassar.

Di masa depan, Pemerintah Kota Makassar berharap visi Kota Pintar dapat terwujud. Makassar dapat menjadi kota terbaik, paling bersih, paling higienis dan paling inovatif.

Kota ini juga bisa menjadi kota dengan manajemen keuangan terbaik dan mencapai peringkat yang baik dalam Laporan Kerja Instansi Pemerintah.

Dalam mendukung visi menjadi kota pintar, dilansir dari opengovasia.com, berikut ini beberapa pencapaian yang diraih Kota Makassar sejauh ini:

  • Indeks Pembangunan Manusia mencapai 80.
  • Kemiskinan berkurang.
  • Indeks Integritas meningkat dari 51 – 72.
  • Peningkatan dalam bidang kebersihan untuk kota dan menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia dengan Pencapaian “Adipura”.
  • Indeks Kebahagiaan adalah 75,21% (sementara Indeks Kebahagiaan Nasional sebesar 69% dan Kota-Kota Lain sebesar 70%).

Makassar juga telah menerima 5 penghargaan paling bergengsi di Indonesia: “WTP”, “Adipura Award”, “City Award Sehat”, “Kota Inovasi Teratas” dan “Laporan-laporan Good Regional Governance” – dan ini tidak sepenuhnya dicapai oleh kota-kota yang lainnya.

Di masa depan, pemerintah kota berharap visi Kota Pintar dapat terwujud. Makassar dapat menjadi kota terbaik, paling bersih, paling higienis dan paling inovatif dan menjadi kota dengan manajemen keuangan terbaik dan mencapai peringkat yang baik dalam Laporan Kerja Instansi Pemerintah.

Banner: tribunnews.com

Berikan Komentar