Gerakan Shalat Subuh Jamaah di Makassar

shalat subuh jamaah di pantai losari

Sekitar pukul 04:30 WITA, hari Ahad, Anjungan Pantai Losari dibanjiri warga sekitar. Bukan untuk berwisata ataupun jalan-jalan, melainkan untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Warga berbondong-bondong menuju ke Anjungan Pantai Losari karena ingin turut andil dalam program Gerakan Makassar Shalat Subuh Berjamaah. Sebuah program yang baru saja digagas oleh Pemerintah Kota Makassar.

Menjalin Silaturrahim

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, sengaja membuat program tersebut untuk menjalin kekompakan seluruh komponen pemerintah Makassar. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga digunakan untuk menjalin silaturrahim dengan masyarakat Makassar.

“Program ini direncanakan cukup lama. Yang pertama bagaimana kita membangun kekuatan sosial dari berbagai pihak, mulai dari kekuatan religius yang merupakan kekuatan-kekuatan di keagamaan. Kebersamaan di keagamaan itu sangat kuat, sehingga ini menjadi pilar. Sehingga membangun kekuatan sosial di kota Makassar.” tutur sang Wali Kota.

Kegiatan shalat subuh berjamaah ini sudah ditetapkan oleh pemerintah Kota Makassar sebagai kegiatan rutin bulanan. Dimulai sejak 31 Juli 2016, kemudian dilanjutkan pada 28 Agustus 2016, 25 September 2016, 30 Oktober 2016, 27 November 2016, dan seterusnya hari Ahad pada setiap akhir bulan.

Acara pertama yang dimulai pada 31 Juli itu berhasil menyedot perhatian publik karena ribuan warga datang untuk memadati Anjungan Pantai Losari.

Tidak Hanya Shalat

Kebanyakan yang memadati acara tersebut adalah anggota SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang memang diharuskan menghadiri acara tersebut. Kemudian pejabat pemerintah yang lebih bawah, seperti kecamatan dan kelurahan. Sisanya lagi adalah masyarakat umum dan warga sekitar.

Gerakan Makassar Shalat Subuh Berjamaah ini tak hanya diisi dengan shalat, tapi juga diisi dengan ceramah agama setelah selesai sehingga masyarakat pulang ada yang mereka bawa berupa ilmu agama.

Sejauh ini reaksi publik atas program ini sangatlah bagus dan mendapatkan banyak dukungan. Dan untuk ke depannya semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya menegakkan shalat bisa terbentuk, tanpa harus ada program semacam ini. Karena shalat memang sebuah kewajiban yang harus ditegakkan oleh setiap kaum muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.