Libur Lebaran Tahun ini Panjang, Walikota Makassar Keluarkan Edaran

2

Sumber: nusantara.rmol.co

Ramadhan kian dekat, tentu banyak orang bersiap untuk mudik jelang lebaran 1439 H yang sudah diambang pintu. Segala hal dipersiapkan sebaik mungkin agar mudik aman dan nyaman hingga tiba dan berkumpul dengan sanak famili di kampung halaman.

Tak terkecuali Pemkot Makassar melalui Wali Kota Moh. Ramadhan Pomanto, yang mengeluarkan surat edaran berisi imbauan bagi siapa saja warga kota Makassar yang hendak mudik, hendaknya lapor pada RT/RW setempat. Tujuannya untuk menghindar dari hal yang tak diinginkan seperti dilansir dari nusantara.rmol.co (8/6/18).

“Libur tahun ini panjang, jadi saya buat surat edaran. Lebih bersifat kewajiban bagi warga untuk lapor RT/RW setempat. Tujuannya tentu saja agar pihak lingkungan tahu kalau rumah kosong karena ditinggal mudik”, demikian dikutip dari keterangan seperti disampaikan walikota yang akrab disapa Danny Pomanto ini.

Edaran ini ditujukan bagi setiap warga kota, utamanya bagi mereka yang hendak mudik. Jangan sampai melupakan kondisi rumah yang dinggalkan begitu saja, harus memastikan listrik, kompor, atau peralatan lain yang bisa memantik bahaya.

Tak sampai di situ saja, Danny juga menyampaikan hasil dari program operasi serta kesiapan Pemkot Makassar jelang Lebaran tahun ini. Ia menjelaskan,”kalau soal urusan pangan (lebaran) tahun ini semua lebih normal, contohnya harga daging. Tahun lalu tembus sampai 100 ribu, sekarang masih bertahan di angka 95 ribu. Kebutuhan pangan lain seperti cabai atau bawang merah, juga masih diangka normal. Stok beras masih aman dengan pasokan yang lancar dan cukup”.

Sementara itu, sisi lain yang biasa terjadi dalam setiap lebaran adalah lonjakan arus lalu lintas di waktu mudik maupun arus balik. Untuk itu Danny menambahi,”dalam hal mengantisipasi lonjakan arus mudik juga balik tahun ini, Pemkot sudah memastikan dengan koordinasi pada pihak terkait”.

Konsolidasi dalam urusan pengamanan lebaran 1439 H ini dilakukan secara sinergis antara jajaran Pemkot Makassar yang dipimpin langsung Walikota Danny Pomanto. Hasilnya semua pihak, baik aparatur sipil, Polri melalui Kapolrestabes Kota Makassar, serta jajaran TNI, menyatakan siap untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, sejak hari H sampai situasi kembali normal pasca libur panjang dan cuti bersama.

Berikan Komentar