#MeiKeMakassar; Acara-Acara Keren Bulan Mei di Kota Makassar

Kota Makassar selalu punya acara keren yang sayang kalau ditinggalkan. Jika kamu berada jauh dari Kota Makassar, sebaiknya mempertimbangkan untuk #MeiKeMakassar karena bulan ini bakal banyak hajatan keren.

Berikut beberapa di antaranya:

Kampung Literasi Wesabbe

Acara ini diselenggarakan oleh Kata Kerja bersama Kedai Buku Jenny yang bermarkas di Kompleks Perumahan Wesabbe, Tamalanrea, Makassar. Kata Kerja dan Kedai Buku Jenny adalah perpustakaan komunitas dan ruang kreatif yang cukup populer di kalangan anak muda Kota Makassar.

Kampung Literasi akan dimulai tanggal 7 Mei 2017. Selain mengusung konsep piknik literasi, dalam acara ini juga akan digelar banyak kegiatan, seperti Kelas Menulis dan Menggambar, Recycle and Craft Day, Diskusi Buku Zine, Pojok Baca, Minggu Sore di Wesabbe, Riset Sejarah Kampung, serta Pagelaran dan Pameran Seni.

Pesta Pendidikan

Pesta Pendidikan adalah acara awal dari rangkaian kegiatan ‘Ke Taman’ yang dilaksanakan oleh Rumata’ Art Space. Pesta Pendidikan sendiri adalah kegiatan barengan dari banyak komunitas atau individu yang peduli dengan pendidikan. Acara ini berlangsung tanggal 13-14 Mei 2017 di Fort Rotterdam, Makassar.

Berikut beberapa item acaranya:

  • Pelatihan Guru Merdeka
  • Kelas Kurikulum Hubungan Reflektif
  • Pentingnya Story Telling dalam Mengajar
  • Metode Pendidikan Agama Islam yang Menyenangkan pada Anak dan Remaja
  • Pelatihan Guru Kreatif
  • Membangun Peradaban dari Rumah

Pesta Pendidikan ini juga sudah dan akan berlangsung di banyak kota di Indonesia.

Layar Tancap SEA Screen Academy

Kegiatan ini juga berlangsung di Fort Rotterdam. Dimulai pada tanggal 15 sampai 16 Mei 2017. Dalam acara ini masyarakat bisa menyaksikan pertunjukan film dari hasil SEA Screen Academy yang dilakukan oleh Rumata’ Art Space.

Film-film yang akan diputar pastinya tidak kamu dapatkan di bioskop mana pun. Untuk itu, sangat rugi kalau melewatkan acara ini.

Pameran Tulisan Penyair Sapardi Djoko Damono

Apakah kamu salah satu penggemar puisi-puisi Sapardi Djoko Damono? Nah, acara ini tentu saja sangat menyenangkan bagimu. Pameran tulisan tangan karya Sapardi akan digelar mulai tanggal 16 Mei 2017 di Rumata’ Art Space yang beralamat di Jl. Bontonompo No.12 A, Makassar.

Makassar International Writers Festival (MIWF 2017)

MIWF merupakan acara tahunan yang mempertemukan para pembaca dan penulis. MIWF akan dilangsungkan mulai tanggal 17-20 Mei 2017 di Fort Rotterdam.

Beberapa penulis luar negeri dan dalam negeri bakal meramaikan acara ini. Di antaranya ialah Benedicte Gorrillot dari Perancis, Shida Bazyar dari Jerman, Xu Xi dari Hong Kong, Ridwan Saidi, Lokman Hakim dan Shaz Johar dari Malaysia, Ypil Lawrence dari Filipina, Mark Heyward, Antje Missbach, Derek Pugh, Jemma Purdey, dan Madelaine Dickie dari Australia.

Dari Indonesia, ada Sapardi Djoko Damono, Budi Darma, Aan Mansyur, Ika Natassa, Bondan Winarno, Esti Kinasih, Salman Aristo, Clara Ng, dan banyak lagi.

Beberapa item acara MIWF di antaranya ialah diskusi buku, lokakarya, serta pertunjukan dan pembacaan karya, serta ditutup dengan Konser Reformasi oleh Ari Reda.

Jangan lewatkan acara-acara keren bulan Mei di Makassar. Ayo #MeiKeMakassar

 

Berikan Komentar