Lomba Essay Menyambut Hari Sumpah Pemuda 2016

lomba-karya-ilmiah

Solucities.com dan Pemerintah Kota Makassar mengadakan Lomba Essay Ilmiah untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2016. Lomba yang mengangkat tema “Inovasi Pemuda untuk Makassar Dua Kali Tambah Baik” tersebut bertujuan untuk menegaskan peran Pemuda Makassar sebagai bagian terpenting dalam pembangunan dan pembaharuan kota.

Berikut uraiannya:

DESKRIPSI KEGIATAN

Lomba Essay ini diadakan oleh pihak Solucities.com yang bekerjasama dengan pihak Pemerintah kota Makassar. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, dimana pemuda Kota Makassar menjadi target lomba. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pola pikir pemuda Makassar dan menegaskan peran penting pemuda Makassar sebagai bagian terpenting dalam pembangunan kota, serta meningkatkan rasa peduli dan memiliki akan kota tercinta kota Makassar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kota Makassar akan berakselerasi menuju Kota Dunia maka perlu diimbangi juga dengan kualitas hidup Sumber Daya Manusia yang menjadi bagian dari Kota Makassar.

Dengan demikian, diharapkan melalui sayembara essay ini, akan muncul gagasan yang inovatif, kreatif, dan solutif yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup warga kota Makassar.

TEMA ESSAY

Tema Essay pada lomba ini adalah : “Inovasi Pemuda untuk Makassar Dua Kali Tambah Baik”

SUBTEMA ESSAY

  1. Pendidikan
  2. Seni Budaya
  3. Teknologi
  4. Kesehatan
  5. Lingkungan Hidup
  6. Maritim
  7. Infrastruktur

TUJUAN

Kompetisi ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran pemuda Makassar akan berbagai inovasi yang terjadi di berbagai bidang dan menyinergikan pemikiran dari berbagai elemen mulai dari mahasiswa dan siswa, akademisi, professional, pengusaha, dan pemerintah. Adapun sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan yaitu sebagai berikut :

  1. Menambah pengetahuan dan wawasan pemuda Makassar terkhusus para kaum terpelajar.
  2. Mengembangkan penelitian mengenai perkembangan inovasi di berbagai bidang.
  3. Meningkatkan minat tulis Pemuda Makassar terkhusus para kaum terpelajar terutama terhadap karya tulis ilmiah yang merupakan bagian dari budaya literasi dunia kampus.
  4. Mengembangkan karakter peduli, inovatif, kreatif, dan solutif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kota Makassar.

WAKTU PELAKSANAAN

WAKTU KEGIATAN
1 Oktober – 25 Oktober 2016 Pendaftaran dan Pengumpulan Karya
26 Oktober – 27 Oktober 2016 Proses Penjurian
28 Oktober 2016 Pengumuman Pemenang Lomba

PERSYARATAN PESERTA LOMBA

Peserta merupakan:

  1. Mahasiswa yang berstatus aktif di Universitas yang berdomisili di Makassar, Gowa, Maros.
  2. Siswa yang berstatus aktif di Sekolah yang berdomisili di Makassar, Gowa, Maros.
  3. Peserta maksimal mengirimkan 2 karya essay.
  4. Essay dikerjakan perseorangan
  5. Karya atau tulisan belum pernah dipublikasikan atau memenangkan perlombaan sebelumnya.
  6. Peserta yang terbukti melakukan pelanggaran akan didiskualifikasi dari perlombaan ini

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Peserta wajib menyukai halaman fanspage facebook dan akun official Instagram Solucities.com. Fanspage: Solucities.com. Instagram: @solucities.
  2. Peserta wajib mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran yang ada dalam panduan lomba ini dan mengirimkan ulang formulir pendaftaran ke email: mail@solucities.com
  3. Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp. 60.000,- dikirim ke No. Rekening BRI: 0050-01-001314-56-8 (an. CV. FRIENDSTECH). *Peserta yang telah mendaftar berhak mendapatkan 1 buah baju raglan dari Solucities.com*.
  4. Setelah mengirimkan formulir dan biaya pendaftaran diharapkan peserta melakukan konfirmasi via sms dengan format sms Solucities_Nama Peserta_Nama Universitas/SMA_Judul Karya Tulis ke nomor: 0812-4191-8606 (Ken)

PENGIRIMAN KARYA

  1. Essay dikirim dalam bentuk sofcopy format file pdf siap print.
  2. Softcopy essay dikirim ke alamat email mail@solucities.com dengan format nama file Solucities_Nama Peserta_Nama Universitas/SMA_Judul Karya Tulis.
  3. Panitia tidak menerima perbaikan karya yang telah dikirim oleh Peserta.
  4. Batas akhir pengiriman karya essay adalah 25 Oktober jam 21.00 WITA (keterlambatan pengiriman berkas, tidak menjadi tanggung jawab panitia)

HADIAH DAN PENGHARGAAN

Hadiah dan penghargaan bagi pemenang adalah :

-Juara I : Sertifikat + Merchandise + Rp. 3.000.000,-

-Juara II : Sertifikat + Merchandise + Rp. 2.000.000,-

-Juara III : Sertifikat + Merchandise + Rp. 1.000.000,-

Ketiga finalis akan mendapatkan hadiah khusus yaitu undangan makan malam bersama bersama Bapak Walikota Makassar di Rumah Jabatan beliau, yang selanjutnya akan diinformasikan via email dan telepon

Ketentuan penulisan dan formulir silakan unduh di sini:  https://goo.gl/p1hjYb.

Berikan Komentar