Dari Gelaran Harkopnas; Tiga Koperasi Asal Sulsel Sukses Raih Penghargaan Nasional

Sumber: celebesonline.com

Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 digelar Kamis  (12/7) yang lalu. Acara yang merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta Koperasi dari seluruh penjuru Indonesiai ini, langsung dihadiri oleh Mentri Koperasi dan UKM RI, AAGN Puspayoga. Puncak kemeriahan acara itu diisi dengan malam ramah tamah yang sekaligus memberikan penghargaan untuk koperasi dengan reputasi terbaik di Indonesia.

Pada Hari Koperasi Nasional ke-71 tersebut, disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Abdul Malik Faisal, yang sekaligus juga adalah ketua pembina koperasi untuk seluruh Sulawesi Selatan menyampaikan,”terbukti koperasi mampu menjadi tulang punggung perekonomian rakyat, khususnya di Sulsel sendiri”.

Apa yang disampaikan, Abd Malik ini memang bukan sekedar untuk mengangkat citra semata. Terbukti, untuk gelaran pada puncak Harkopnas yang lalu, 3 koperasi yang berasal dari Sulsel didapuk untuk menerima penghargaan yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan tersebut sebelumnya telah secara langsung diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI.

Berikut ini adalah nama-nama koperasi asal Makassar yang mendapatkan anugerah bergengsi tersebut;

  • Asal Kabupaten Bone, KPRI Istiqamah MTsN Lappariaja
  • Asal Kabupaten Pinrang, KPRI Maunah
  • Asal Kabupaten Tana Toraja, KCU Sauan Sibarrung

Hari koperasi nasional yang digelar pada 12-15 Juli yang lalu, diberi tema”Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Tema ini menjadi satu tema yang dipilih dalam gelaran expo yang bertujuan untuk menguatkan sektor ekonomi kerakyatan Indonesia. Sekaligus juga untuk mengembangkan relasi bsnis antara pebisnis dalam dan luar negeri utamanya di sektor UKM.

Dengan dianugerahinya tiga koperasi asal Sulsel dengan penghargaan langsung dari Menteri Koperasi Abd Malik Faisal selaku, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel menyampaikan,”penghargaan tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa pembinaan juga fungsi koperasi di Sulsel berlangsung dengan baik”.

Digelarnya hari koperasi nasional sekaligus membuktikan bahwa koperasi mampu menjadi sokoguru ekonomi bangsa Indonesia yang memberikan manfaat ekonomi secara umum bagi masyarakat.

 

Berikan Komentar